Judul : Pendidikan Kreatif Dan Inovatif: Keunggulan Dan Kelemahan Teknik Brainstorming Kelebihan Dan Kekurangan Metode Kuadrat
link : Pendidikan Kreatif Dan Inovatif: Keunggulan Dan Kelemahan Teknik Brainstorming Kelebihan Dan Kekurangan Metode Kuadrat
Pendidikan Kreatif Dan Inovatif: Keunggulan Dan Kelemahan Teknik Brainstorming Kelebihan Dan Kekurangan Metode Kuadrat
Hohoho, selamat sore, sesi kali ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan metode kuadrat Pendidikan Kreatif dan Inovatif: Keunggulan dan Kelemahan Teknik Brainstorming simak selengkapnya
Penerapan
brainstorming dalam pembelajaran
memiliki kelebihan dan dan kekurangan. Roestiyah (2008:74) mengemukakan
kelemahan dan kelebihan brainstorming
itu adalah:
1)
Keunggulan Brainstorming
a)
Anak-anak aktif berfikir untuk menyatakan pedapat.
b)
Melatih siswa berpikir dengan cepat dan tersusun logis.
c)
Merangsang siswa untuk selalu siap berpendapat yang berhubungan dengan masalah yang diberikan bagi guru.
d)
Meningkatkan partisipasi anak didik pada menerima pelajaran.
e)
Siswa yang minim berperan mendapat bantuan dari temannya yang pandai ataupun dari guru.
f)
Terjadi persaingan yang sehat.
g)
Anak merasa bebas dan gembira.
h)
Suasana demokratis dan disiplin boleh ditumbuhkan.
2)
Kelemahan Brainstorming
a)
Guru kurang memberikan waktu yang cukup kepada anak didik untuk berpikir dengan baik.
b)
Anak yang minim selalu ketinggalan.
c)
Kadang-kadang pembicara hanya dimonopoli bagi anak cucu yang pandai saja.
d)
Guru hanya menampung pendapat tidak pernah merumuskan kesimpulan.
e)
Siswa tidak segera tahu apakah pendapatnya itu betul/salah.
f)
Tidak menjamin hasil pemecahan masalah.
g)
Masalah bisa berkembang kearah yang tidak diharapkan.
Guru memiliki peranan penting biar kekurangan yang terdapat pada brainstorming ini boleh berkurang. Dalam penelitian ini, cara yang peneliti lakukan biar kekurangan tersebut dapat dikurangi adalah:
1)
Siswa dibagi pada kelompok-kelompok heterogen. Dalam blok tersebut anak didik dibagi berdasarkan kapabilitas akademik yang dimilikinya. Siswa yang berenergi kurang dan berenergi agung digabung pada satu blok biar anak didik berkemampuan tinggi bisa membantu anak didik yang berenergi rendah.
Pada penerapan quantum learning dengan teknik brainstorming, siswa bebas mengeluarkan pendapatnya pada saat tahap Namai. Siswa diberi kebebasan berpendapat sonder mengetahui apakah jawaban mengatur betul ataupun salah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada tahap Ulangi, guru mengikatkan ide-ide yang dimiliki bagi anak didik biar tidak terjadi anomali konsep.
Sumber:
DePorter, Bobbi, dkk. 2000. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.
_________________. 1999. Quantum Teaching. Jakarta. Kaifa.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
oke detil tentang Pendidikan Kreatif dan Inovatif: Keunggulan dan Kelemahan Teknik Brainstorming semoga info ini bermanfaat terima kasih
Artikel ini diposting pada kategori , tanggal 22-10-2021, di kutip dari https://pendidikankreatif07.blogspot.com/2017/11/keunggulan-dan-kelemahan-teknik.html
Demikian Pendidikan Kreatif Dan Inovatif: Keunggulan Dan Kelemahan Teknik Brainstorming Kelebihan Dan Kekurangan Metode Kuadrat
Anda sekarang membaca artikel Pendidikan Kreatif Dan Inovatif: Keunggulan Dan Kelemahan Teknik Brainstorming Kelebihan Dan Kekurangan Metode Kuadrat dengan alamat link https://metodekuadrat.blogspot.com/2021/10/pendidikan-kreatif-dan-inovatif.html