Judul : Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna
link : Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pengertian
Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market) adalah pasar yang jumlah penjual dan pembelinya tidak sebanding atau tidak berimbang.Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah :
1. Pasar Monopoli yaitu suatu pasar yang dikuasai oleh satu penjual melayani semua konsumen.
Ciri-ciri pasar monopoli :
- Hanya ada satu penjual
- Tidak ada barang pengganti (substitusi)
- Penjual bebas menentukan harga barang/jasa
- Ada hambatan bagi penjual baru yang mau masuk
- Keuntungan penjual sangat tinggi
- Tidak memerlukan promosi
- Pembeli tidak punya pilihan lain
- Terjadi eksploitasi terhadap pembeli
- Berdasarkan kekuatan hukum, karena memperoleh hak paten suatu barang
- Pemberian lisensi/ijin dari pemerintah
- Memiliki modal yang sangat besar
- Menguasai bahan mentah yang strategis
- Produk sangat digemari oleh konsumen
- PT. Kereta Api Indonesia,
- PT. PLN, PT. Peruri,
- PT. Pindat,
- dll
Ciri-ciri pasar oligopoli :
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar
- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen tetapi mempunyai ciri khusus (differentiated product)
- Satu diantara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar
- Menimbulkan persaingan untuk membuat inovasi-inovasi baru
- Menimbulkan ketimpangan distribusi pendapatan dalam masyarakat
- Dapat menimbulkan eksploitasi karyawan
- Oligopoli murni (pure oligopol), beberapa produsen menjual barang yang homogen
- Oligopoli dengan perbedaan (different oligopol), barang yang diproduksi/dijual mempunyai perbedaan.
3. Pasar Persaingan Monopolistik yaitu suatu interaksi antara permintaan dan penawaran yang terdapat sejumlah produsen/penjual yang menawarkan barang yang sama, tetapi masing-masing memiliki ciri khusus.
Ciri-cirinya :
- Barangnya merupakan differentiated product
- Penjual memiliki kekuatan monopolis atas produksinya sendiri
- Terdapat banyak penjual
- Produsen terpacu untuk lebih berkreasi/berinovasi
- Memiliki pembeli setia, tidak mudah berpindah ke produk lain
- Membutuhkan biaya tinggi untuk bisa masuk pasar monopolistik, karena harus menciptakan produk yang mempunyai keunggulan tersendiri
- Persaingan sangat ketat, karena pasar dikuasai oleh produsen-produsen besar
4. Pasar Monopsoni yaitu suatu pasar yang dikuasai oleh satu pembeli.
Contohnya :
- pabrik gula, yang membeli semua hasil produksi tebu rakyat.
- PT. KAI, yang membeli semua hasil produksi yang berkaitan dengan kereta api
5. Pasar Oligopsoni yaitu pasar yang terdapat beberapa pembeli dengan banyak penjual/produsen.
Contohnya : pabrik semen, di Indonesia hanya ada beberapa pabrik semen sementara bahan bakunya dari berbagai wilayah.
Demikian Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Sekianlah postingan Artikel Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa berkunjung kembali untuk postingan artikel lainnya, dan Terima kasih
Anda sekarang membaca artikel Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna dengan alamat link https://metodekuadrat.blogspot.com/2016/06/pasar-dalam-perekonomian-pasar.html